bisnis online

KEINDAHAN TAMAN BAWAH LAUT DERAWAN KINI ADA DI KLATEN

bisnis online
pasang iklan baris gratis

Klaten – Siapa sangka keindahan taman bawah Laut Derawan kini jg ada di Klaten. Taman bawah laut buatan yang dikenal dengan nama Umbul Ponggok memang layaknya taman laut sungguhan. Umbul ponggok berada di desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Buat kamu yang ingin coba snorkling atau diving gak perlu jauh-jauh mencari pantai atau laut, karena dikolam ini kamu akan menrasakan indahnya pemandangan laut. Pertama memasuki wisata air ini, mungkin kamu mengira ini hanya kolam renang biasa, tapi coba kamu belum intip didalam bawah permukaannya. Air disini amat jernih sehingga aneka ikan penghuni kolam tampak berenang bebas dari permukaan kolam. Didalamnya terdapat mata air yang hingga saat ini masih mengalir, tak salah jika airnya selalu bersih hal ini dibuktikan dengan semburan pasir didasar kolam.
Saat ini Umbul Ponggok dikelola oleh warga sekitar Desa Ponggok, jangan heran jika kamu mengelilingi desa ini maka akan menemukan banyak kolam renang karena memang disini memiliki sumber mata air alami dari bawah tanahnya. Letaknya persis dipinggir jalan raya Desa Ponggok. Kolam ini menjadi sasaran banyak wisatawan yang ingin merasakan berenang dengan ikan-ikan. Tak hanya berenang, biasanya di Umbul ini digunakan untuk berlatih menyelam bagi pecinta diving. Ukurannya yang lebar dengan nuansa dasar air menyerupai laut, menjadi sensasi tersendiri bagi para penyelam. Sedangkan kedalaman kolam ini berkisar dari 1,5 meter sampai 2,5 meter.
Untuk mencapai desa wisata air ini ada baiknya menggunakan GPS atau Google maps, jalannya memang rada rumit karena memasuki desa kira-kira 5 kilometer dari Jl. Jogja-Solo. Kalo kamu udah ketemu gapura besar dengan tulisan “SELAMAT DATANG DI DESA WISATA AIR PONGGOK” itu artinya kamu udah dekat. Jangan malu bertanya ya, inget ada GPS (Gunakan Penduduk Sekitar) buat tanya jalan gitu haha. Nah, setelah sampai di Umbul Ponggok langsung cari loketnya ya. Tiket masuknya murah banget lho cuma Rp5.000 aja dan buat parkirnya Rp2.000.
Didalam Umbul Ponggok banyak penyewaan kaki katak seharga Rp5.000, snorkel Rp10.000, pelampung Rp5.000, dan ban dalam cukup Rp5.000 aja. Oh ya jangan lupa buat sewa jasa foto ya, di Umbul ini ada Kuda Laut Underwater Photography yang menawarkan jasa foto selama kamu didalam air dengan merogoh kocek Rp100.000 rupiah aja. Sayang banget kan kalo udah nyelem tapi gak diabadikan, atau kamu pengen bikin foto yang menarik unik dengan gaya ala model-model? Bisa. Bahkan mereka juga menawarkan paket prewedding dengan harga terjangkau. Oke lanjut, salah satu tempat snorkling air tawar terbaik ini punya pemandangan bawah air yang menawan loh. Kamu bisa liat segerombolan ikan kaya disungai seperti mujair, nila, bawal sampai lele juga ada. Walaupun banyak penghuninya tapi kolam ini sama sekali gak ada bau amisnya karena air terus mengalir. Ikan disini tidak berbahaya, soalnya sudah akrab dengan kehadiran manusia. Tapi kamu juga diwajibkan menjaga kebersihan disekitar kolam ya, sayang sekali kan kalau tempat seindah ini jadi kotor karena ulah orang tidak bertanggung jawab.
Lalu ada tips bagi kamu yang pengen nyobain snorkling, meskipun keliatannya mudah tapi keamanan tetap diutamakan sebelum kamu terjun kekolam. Siapin peralatannya dulu, seperti sepatu katak, masker selam dan snorkel. Kabar gembiranya adalah, meskipun kamu gak bisa renang, dengan snorkling ini kamu tetap dapat mengintip indahnya pemandangan dasar air. Hal yang penting kamu perhatikan yaitu petunjuk dari pemandu dan tetap merasa tenang waktu didalam air. Ada baiknya juga pakai jaket pelampung buat yang ragu-ragu karena takut tenggelam. Selanjutnya, cek dulu peralatan yang kamu pakai. Apakah dapat berfungsi sebagaimana mestinya, biar kamu tetep merasa nyaman. Kalo udah dirasa aman sehat sentosa, nyemplung deh. Selamat snorkling kawan.
Umbul Ponggok ini adalah sumber mata air dengan pemandangan dalam laut, yang dihuni ratusan ikan, hiasan bebatuan besar, pasir dibagian dasar serta air yang amat jernih. Biaya yang terbilang sangat murah menjadi salah satu alasan kuat mengapa kamu harus liburan disini. Usahakan untuk tidak menilai suatu tempat dari covernya doang ya, karena keindahan Umbuk Ponggok tampak waktu kamu menyelam didalam kolam

bisnis online
author
No Response

Leave a reply "KEINDAHAN TAMAN BAWAH LAUT DERAWAN KINI ADA DI KLATEN"